Rabu, 10 September 2014

THERAPY STROKE



THERAPY STROKE
DENGAN METODE AKUPUNTUR
dr. Ainil Masthuro (Akupuntur)
 RSIA EVA SARI -AWAL BROS
 



I. Pendahuluan
            Menurut WHO, Stroke didefinisikan sebagai sindroma klinis yang berkembang cepat akibat adanya gangguan otak fokal atau global dengan gejala-gejala yang berlangsung selama 24 jam atau lebih atau menimbulkan kematian tanpa adanya penyebab lain yang jelas selain vaskuler. Berdasarkan statistic tahunan Word Health Organization (WHO) penyakit pembuluh darah otak termasuk dalam 10 penyebab kematian utama di 54 dari 57 negara.Stroke menimbulkan kecacatan tertinggi serta merupakan penyebab kematian nomor tiga di dunia setelah penyakit jantung dan kanker.
            Otak pada manusia terdiri dari sel-sel otak(neuron, sel-sel penunjang seperti glia), cairan cerebrospinal dan pembuluh darah. Otak mengkonsumsi ± 20% oksigen dan 50% glukosa yang diperoleh dari pasokan darah secara konstan 24 jam di aterial. Sistem peredaran darah otak melipui sirkulasi Serebrum Anterior ( berfungsi menyalurkan darah ke bagian otak depan) dan sirkulasi Serebrum Posterior (berfungsi menyalurkan darah ke bagian otak belakang). Otak manusia terdiri dari 2 bagian yaitu, hemisfer sisi kiri (untuk kemampuan berfikir, memahahi, berkomunikasi) dan hemisfer sisi kanan (untuk orientasi ruang, imajinasi, serta kemampuan seni).
            Stroke dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan etiologinya yaitu Stroke Iskemik (terjadi bila suplai darah otak regional tidak tercukupi); Stroke  Hemoragik Intraserebral dan Stroke Hemoragik Subarachnoid. Stroke Hemoragik, terjadi karena pecahnya pembuluh darah di otak sehingga menghambat alian darah yang normal dan darah merembes ke jarangan otak lalu merusaknya.

II. Fenomena dan Therapy Pengobatan Stroke
            Faktor resiko stroke dibagi menjadi dua yaitu ; Faktor resiko yang dapat dirubah/ dikendalikan (darah tinggi, penyakit jantung, kencing manis, dislipidemia, gayahidup); dan factor resiko yang tidak dapat diubah (factor usia, jenis kelamin, ras/ etnik. riwayat stroke, genetik). Pengobatan strole iskemik yaitu : dengan pemberian anti edema otak, pemberan anti agregasi trombosit, antikoagulansia,trombolisis, neuroprotektan, selain pemberian obat-obatan juga dilakukan terapi rehabilitasi. Protokol penatalaksanaan stroke hemoragik adalah dengan cara mengatasi factor penyebab stroke hemoragik; memberikanterapi sesuai dengan penyebabnya; mengatasi pendarahan; memberikan terapi non farmakologis; tindakan pembedahan(untuklokasi pendarahan dekat permukaan otak); terapi farmakologis; dan terapi suportif.
            Menurut ilmu akupuntur, stroke dikenal dengan sebutan Zhong Feng, Wind Stroke (serangn mendadak). Menurut ilmu akupuntur tradisionaletiologi daripenyakit stroke adalah angin, api danreak. Adapun organZang fu yang terkena adalah Jantung, Hati dan Ginjal. Patogenesisnnya adalah karena ketidakseimbangan dari Yin dan Yang, defisiensi organ Zang Fu; meridian dan cabangnya; Penelitian-penelitian Akupuntur terhadap pasien Strole antara lalin : D.M.Li; Y-g Wei; X-m shi; H-b Gao; Wang Wen-yong & Mei Hui-min; Hauer,dkk; Shinbara, dkk; Zhao Shan Xiang, dkk;Li,dkk; Panca putra NA (RSCM 2006).

III. Solusi
            Kasus seoarang pria berumur 33 tahun dengan keluhan kelemahan pada anggota gerak atas dan bawah sisi kanan sejak 4 minggu sebelum berobat ke poli akupuntur RSCM. Pria tersebut mengalami stroke hemorragik pada intraparenkim di basal ganglia dan periventrikel  lateralis kiri dengan estimasi volume ± 7,8 cc (berdasarkan pemeriksaan CT Scan kepala).  Pada pasien stroke ini dilakukan manual akupuntur dengan teknik Sparrow pecking dengan harapan memperbaiki fungsi mobilitas melalui peningkatan vaskularisasi di otot serta menghambat dan mengurangidari apptosis.
            Titik akupuntur yang dipilih dalam terapi yaitu Hegu, Shousanli, Quchi, Jianyu (untuk melancarkan qi meridian Yangming tangan pada kelumpuhan tangan dan lengan); Zusanli, Jiexi (untuk memperlancar qi meridian Yangming kaki pada kelumpuhan tungkai); Yanglingquan (titik dominan tendon untuk memperbaiki kelainan pada meridian dan kelumpuhan); Xuangzhong (titik dominan sumsum tulang).
            Mekanisme Kerja Akupuntur
1. Efek penusukan titik akupuntur pada sisi kontrateral akan meningkatkan suplai darah ke otak sehingga akan memperbaiki sirkulasi darah dari sisi yang mengalami kelainan.
2. Baik manual maupun elektroakupuntur akan merangsang serabut saraf aferen di kulit dan otot
3. Tindakan akupuntur pada kulit kepala dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah di otak, menurunkan tahanan perifer dan meningkatkan aliran darah di otak.
4. Mekanisme kerja akupuntur kulit kepala untuk meningkatkan kekuatan motorik pasca stroke  (masih sedang diteliti)
5. Penusukan kontralateral dapat meningkatkan sirkulasi darah pada sisi otak yang sakit, sehingga sel-sel otak yang rusak akan mengalami peningkatan tekanan partial O2 dan akan terus mengalami perbaikan.
6. Pada impedance rheoencephalotgram terlihat efek lebih besar pada penusukan kontralateral dari daerah hemiplegic dibanding penusukan pada sisi yang sakit.
7. Perangsangan titik akupuntur pada pasien paska stroke dapat meningkatkan aktifitas perilesi atau me-reorganisasi daerah-daerah yang terkena.
8. Akupuntur kulit kepala merupakan akupuntur yang bekerja sesuai dengan hokum “interior-exterior” (penusukan titik akupuntur pada kepala (exterior) merupakan efek pengobatan pada korteks serebri (interior).
9. Penusukan titik akupuntur dapat menurunkan LPO (Lipit Peroksidase) dan Tromboxan (TXA2) dalam darah, meningkatkan PGA2, juga dapat meningkatkan aktifitas SOD (Superokside Dismutase) dan Prostaglandin I2 (PGI2) sehinggal melindungi kerusakan jaringan otak.
10. Akupuntur mempunyai fungsi dalam memproteksi otak lewat regulasi keseimbangan ekspresi protein proapptotik Bax dan protein apoptotic Bcl-2 sehingga mengurangi apoptosisi neuron di daerah yang mengalami infrak.
11 Mekanisme kerja akupuntur dalam memperbaiki hipestesi akibat adanya neuropati perifer adalah lewat regulasi Nitrit Oxide (NO) yang melebarkan (Vasodilatasi) pembuluh darah sehingga mengurangi kerusakan saraf akibat demyelinisasi dan hilangnya akson.



1 komentar:

  1. TEMPORARY TELINING PEPPER - TIPCAL HEAT - T
    TEMPORARY TELINING PEPPER - TIPCAL titanium body jewelry HEAT 2020 ford edge titanium for sale - titanium road bike TEMPORARY TELINING PEPPER - TEMPORARY TELINING PEPPER - TEMPORARY TELINING medical grade titanium earrings PEPPER - TEMPORARY TELINING PEPPER - TEMPORARY head titanium tennis racket TELINING PEPPER - TEMPORARY TELINING PEPPER - TEMPORARY

    BalasHapus